Saturday 25 August 2012

I'm Grateful

Assalamu'alaikum...

Sangatlah wajar, jika manusia senantiasa menyenangi hal-hal yang indah di dunia ini. Karena sudah menjadi tabiat yang ditanamkan Allah SWT kepada manusia bahwa manusia akan cenderung mencintai harta, anak-anak, dan suami/istri mereka. Allah berfirman dalam Surat Al Imran 14, yang artinya,

"Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Inilah kesenangan hidup di dunia; di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)." (QS. Al Imran (3): 14)

Wahai saudariku sesama muslimah, setiap insan di dunia ini tak akan terlepas dari ujian. Apapun itu bentuk ujiannya. Dalam surat Al Baqarah, Allah SWT berfirman, yang artinya.

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan, harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar." (QS. Al Baqarah (2): 155)


Belum mendapat keturunan meskipun telah lama berumah tangga adalah salah satu bentuk dari berbagai macam ujian yang Allah berikan pada manusia. Namun, kebanyakan orang mengira, bahwa cobaan hanya datang dalam bentuk kesulitan saja. Mereka tidak menyadari, bahwa melimpahnya nikmat juga merupakan ujian yang diberikan Allah. Sehingga banyak yang dapat melalui cobaan dan bersabar ketika mendapatkan kesulitan namun sangat sedikit yang mampu melampaui ujian berupa kenikmatan dunia. Hal ini menjadikan manusia lalai saat kesenangan hidup menyapa mereka. Dalam surat Al Anbiya ayat 35, Allah Ta'ala berfirman, yang artinya,

"... dan sungguh Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Kepada Kami, kamu akan kembali." (QS. Al Anbiya (21): 35)

Allah juga berfirman, yang artinya,

"Adapun sebagian manusia apabila diberi ujian oleh Tuhannya yaitu diberi tempat yang mulia dan diberi kenikmatan kepadanya, maka ia berkata, 'Tuhanku telah memuliakan aku'. Adapun apabila Tuhannya mengujinya dengan membatasi rezekinya, dia berkata, 'Tuhanku telah menghinakan aku.'" (QS. Al Fajr (89): 15-16)

Bersabar adalah kunci dalam masalah ini, karena sabar adalah salah satu jalan datangnya pertolongan Allah. Allah berfirman, yang artinya.

"Wahai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar." (QS. Al Baqarah (2): 153)

Hendaknya kita harus selalu berbaik sangka terhadap takdir Allah. Dan yakinlah, bahwa segala sesuatu yang telah menjadi keputusan Allah, pasti mengandung banyak hikmah meskipun kita tidak menyadarinya. Ingatlah saudariku, tinta takdir telah mengering. Setiap manusia telah dituliskan  tentang nasibnya 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. Rezekipun telah ditetapkan, manusia tidak akan meninggal sebelum jatah rezeki yang Allah tetapkan baginya habis.

Saat seorang mukmin menghadapi kesulitan dalam hidupnya, semestinya ia tidak berpangku tangan begitu saja tanpa berusaha. Sampai saat ini pun, saya selalu berikhtiar yang dibolehkan syari'at (ke dokter) dan berdoa. Dan satu lagi yang perlu diingat adalah, termasuk di antara bentuk usaha yaitu dengan memperbanyak taubat dan beristighfar.



Dan jika sudah gigih berdoa dan berikhtiar dengan berbagai cara namun belum juga mendapatkan juga, maka langkah selanjutnya adalah senantiasa bersabar atas takdir Allah dan tetap bersyukur atas segala nikmat Allah. Alhamdulillah, saya bisa menikah muda, ketika yang lainnya masih sibuk mencari uang dan sibuk mencari pasangan. Alhamdulillah, dijauhkan dari rasa galau tingkat akut yang banyak dialami anak ABG zaman sekarang. Alhamdulillah, diberi suami yang banyak memberi nasihat mengenai Islam dan mendukung apa yang saya lakukan. Alhamdulillah, saya dan suami masih diberi waktu untuk saling mengenal (mengingat proses menuju pernikahan yang cukup cepat, hanya sekitar beberapa bulan). Alhamdulillah, saya dan suami masih tergolong muda untuk memiliki anak, dikasih cepat Alhamdulillah, belum juga masih punya banyak waktu (Insya Allah). Alhamdulillah, masih dimiliki orang tua dan mertua yang lengkap. Alhamdulillah, diberi rezeki yang cukup. Maka nikmat Tuhanmu yg manakah yg kamu dustakan? (QS. Ar Rahman (55): 13).

Alhamdulillah... Alhamdulillah... Alhamdulillah...
Yakinlah bahwa Allah telah memilihkan yang terbaik untuk kita.

Waallahu a'alam


Wassalamu'alaikum

19 comments:

  1. right mbak..
    nva juga mengalami hal yang sama,
    nva menikah ma suami udah 8 bulan,
    tpi tanda2 belum ad..
    mungkin kita belum dikasih amanh tuk mempunyai anak,
    n kita juga harus saling mengenal pasangan kita masing2,
    krna nva juga sma prosesnya ma mbak..
    salam kenal ya mbak..

    ReplyDelete
  2. Terharu bacanya kak..alhamdulillah yah, satu dari sekian banyak kegalauan (khususnya wanita) sudah terlewati (dengan menikah muda), insya Allah, rezeki Allah melalui anak yang akan Dia titipkan, akan datang di saat yang tepat. Indah pada waktunya kalau kata orang. :)
    Nice outfit btw xD

    ReplyDelete
  3. sama Fit, sy sdh 2 tahun menikah belum dikaruniai keturunan. tetap semangat, ikhtiar terus & berdoa.. semoga kita diberi keturunan yg salih/salihah, sehat dan cerdas ^___^

    ReplyDelete
  4. Allah pasti memiliki rencana terbaik buat kita mbak... sekarang dinikmati aja kebahagiaan yang ada... temanku ada yang baru memiliki keturunan setelah 15 tahun menikah...

    ReplyDelete
  5. Salam,
    alhamdulillah, a really good entry.
    salam kenal dr malaysia : )
    benar, Allah itu maha mengetahui. Dia sudah mengatur segala rencana hidup utk kita.
    Misalnya aku, punya kakak,dan 2 abang, semua sudah menikah, alhamdulillah,semua sudah punya anak. Adik perempuan ku juga seorang sudah menikah muda, umur baru 20 tahun, dan alhamdulillah, sedang mengandung. Dan aku masih single, beurmur 23 tahun dan masih menikmati hidup single sama teman2, mengejar cita2. Iya, saudara mara ramainya nanya kapan akan bernikah kerna adikku sudah menikah dan insyaAllah akan punya anak tak lama lagi, tapi bagi aku, gga apa2... aku yakin dengan rezeki Allah. aku juga maish belum sedia utk berumah tangga, dan aku hanya berdoa BILA TIBA MASA YG SESUAI, temukan aku dgn lelaki yg soleh, beriman,berakhlak,sekufu denganku.

    tapi ada juga saudaraku, sudah 2 kali bernikah, dah 2 kali itu juga ditinggal suami saat sednag mengandung.
    disini terlihat jelas, Allah itu Maha Penentu tiap sesuatu. Setiap orang itu ada kelebihan dan kekurangan masing2.
    Kita hanya berdoa dan berusaha meminta yg terbaik.

    Maaf atas comment yang panjang : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, sister hanifah :) apa yang sudah Allah tetapkan itu pasti yang paling indah untuk kita.

      Delete
  6. Aku bantu doa ya ka semoga ka fitri secepatnya diberikan anak yang insya Allah shalih dan shalihah. #AllahKnowsBest
    Semoga aku juga di jauhkan dari galau tingkat akutnya ABG jaman sekarang ya ka. beneran ga mau galau2an :(

    ReplyDelete
  7. Kak fitri aku suka bgt sama post ini,
    Allah swt loves you both kak, insyaAllah smua jalan yang terbaik untuk kluarga kakak. Hehe. semoga Aku jg bs cpt2 dijauhkan dari galau ABG ..

    Aku suka bgt sm outfitnya juga kaka :)

    -nican

    ReplyDelete
  8. Alloh pilihkan yg terbaik, hanya Dia dan kamu saja, tak seorangpun tahu :D

    ReplyDelete
  9. kita akan menjalani kemanusiaan kita dengan tetap menjadi hamba Allah,
    Menikmati indahnya berjuang,
    menikmati kesungguh-sungguhan ikhtiar,
    menikmati indahnya meminta pada Allah,
    menikmati indahnya memohon pertolongan pada Allah,
    menikmati indahnya bersabar,
    menikmati ‘kejutan’-kejutan yang Allah hadirkan dalam kehidupan kita,

    Menerima dan bersyukur adalah kunci bahagia

    Dan apa saja yang diberikan kepadamu, maka itu adalah kesenangan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal, tidakkah kamu mengerti” (QS. al-Qashash: 60)

    dibuka ya surat Nuh ayat 10-12 ^_^ saya pun pernah merasakan hal yang sama.

    ReplyDelete
  10. right mba fitri...saya pun mengalami hal yg sama..intinya selalu bersyukur dan selalu bersabar disetiap jengkal langkah hidup kitaa..., semoga Allah memberikan waktu dan segala-galanya yg terbaik untuk kita..dan diatas segala galanya yg terbaik itu adlah yg terbaik dimata Allah SWT ..Amiinnn

    ReplyDelete
  11. Beautifully written, I got the emotion..
    :')
    Ikhlasnya kakak kebaca di post ini.

    ReplyDelete
  12. assalamualaikum...
    maaf saya mungkin sedikit lancang tapi saya ingin merekomendasikan ini:
    http://pengobatantorch.com/

    http://www.spesialis-torch.com/

    mungkin anda sudah mengetahui info ini, tapi kalau belum, saya harap info ini bisa berguna.

    saya 27 tahun dan sedang hamil anak pertama,sebelumnya saya kena cmv dan sempat berikhtiar dengan aquatreat.

    mungkin anda agak skeptis, tapi sebenarnya aquatreat isinya adalah berbagai macam herbal alami seperti mahkota dewa, jahe, kencur, kunyit, dsb.

    saya tidak mendewa2kan aquatreat, namun saya memandangnya sebagai salah satu ikhtiar menuju kesembuhan diantara banyak ikhtiar kita lainnya untuk mendapat keturunan.

    saya berdoa semoga anda juga segera mendapatkan nikmat Allah tersebut, keturunan yang soleh salihah dan saya juga mohon doanya dilancarkan dalam menjalani kehamilan ini.

    salam saudara seiman,

    lily,

    ReplyDelete
  13. Semoga Allah memampukan kita untuk selalu bersyukur...

    ReplyDelete
  14. terharuuu bacanyaaa...krn saat ini akupun juga mengalami hal yg sama,sempet ada rasa gmn gt ketika melihat temen2 aku yg udah menikah langsung diberi momongan sementara aku dan suami setahun menikah belum ada tanda2 kehamilanku..sempat cek k dokter alhamdulillah dlm kondisi baik. ada saran juga dari teman untuk program hamil namun krn saat ini masih LDM Makassar-Jakarta jd kami urungkan niat itu menanti kami bisa berkumpul dalam satu atap dl...kami percaya allah SWT sudah merencanakan hal terindah untuk kami..
    semangat untuk fitri aulia yaaa...bis baca blognya aku jd semakin kuat dan semakin percaya bahwa allah tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan umatnya ^_^

    ReplyDelete
  15. it's almost 5 years of marriage now, dan kami blm dikaruniai keturunan. terima kasih sarannya ya fitri: banyak taubat dan istighfar :)

    ReplyDelete
  16. really love this post...kadang saya suka banyak ngeluh akan kekurangan2 saya, saya lupa bersyukur...Alhamdulillah Allah mengizinkan saya membaca artikel ini. makasih mbak firi.. keep try,pray,and ikhlas...

    ReplyDelete
  17. Salam kenal, suka sekali dengan journal yang ini, membuat saya untuk lebih tawakal & ikhlas lagi
    izin post journal ini di blog saya ya :)
    Terimakasih

    ReplyDelete
  18. wise sekali... saya juga mengalami hal yang sama, dan tulisan ka fitri benar2 kena bgt.. alhamdulillah... memang harus banyak bersyukur... :)

    ReplyDelete