Monday 9 November 2015

KIVITZ Company Visit to YKK

Assalamu'alaikum

Beberapa bulan yang lalu, tim KIVITZ diundang oleh salah satu perusahaan zipper (resleting) terbesar di dunia, PT. YKK Zipper Indonesia, untuk mengikuti program yang diselenggarakan oleh tim YKK Fastening Experience. Dilihat dari namanya, kegiatan ini bertujuan untuk merasakan pengalaman mengenal produk YKK. Tim kreatif kami merasa program ini sangat berguna diikuti oleh karyawan KIVITZ, karena KIVITZ bergerak di bidang usaha fashion, yang pastinya berhubungan sekali dengan zipper.

Sedikit penjelasan mengenai perusahaan zipper ini. PT. YKK Zipper Indonesia adalah grup perusahaan Jepang yang memproduksi produk metal non besi, terutama dikenal sebagai produsen resleting terbesar di dunia. YKK merupakan singkatan nama dari pendirinya, Yoshida Kogyo Kabushiki. YKK mulai berdiri di Indonesia sekitar tahun 1972.

Pagi itu, jam 09.00, karyawan KIVITZ yang mengikuti program ini berjumlah 10 orang. Semuanya sudah berkumpul di PT. YKK Zipper Indonesia di daerah Cimanggis, Depok. Alhamdulillah tak jauh dari kantor KIVITZ. Sebenarnya saya tak asing dengan pabrik ini. Dari kecil saya sering melihat dari jauh dan penasaran apa isi dari pabrik ini, karena waktu kecil saya sering main ke kantor mama saya di PT. Panasonic, yang mana bersebelahan dengan pabrik YKK. Duh, jadi nostalgia ketika masa kecil dulu.. Lanjut cerita, program YKK Fastening Experience ini dibagi ke dalam 2 fase. Fase pertama adalah feel and touch dan fase kedua adalah berkeliling pabrik.

Di fase feel and touch kita diajak ke suatu ruangan yang isinya penuh dengan berbagai jenis zipper yang diproduksi oleh YKK. Dari mulai yang terkecil yang biasa digunakan untuk pakaian sampai yang terbesar yang digunakan untuk pakaian seorang astronot! Wow... MasyaAllah... Kata petugasnya, jika resleting pada baju astronot ada celah sedikit saja, maka akan membahayakan nyawa sang astronot, dikarenakan bocornya udara. Begitu penting ya, alat yang kita sangka biasa-biasa saja ini. Di ruangan ini kita juga bisa menyentuh langsung berbagai jenis zipper yang tersedia. Sangat bermanfaat sekali jalan-jalan kita pagi itu.

Perjalanan selanjutnya adalah berkeliling pabrik. Mulai dari pembentukan tiap bagian dari sebuah resleting, yang mana terbuat dari bahan Alluminium Alloy. Yang kemudian melibatkan teknologi super canggih saat ini untuk bisa menghasilkan struktur zipper, seperti slider, top stop, dan bagian lainnya. Kami diajak berkeliling pabrik untuk menyaksikan langsung proses pembuatannya.





Ada hal yang lucu dan seru bagi kami, yaitu ketika mencoba permainan yang menggunakan baju pengerat yang bisa saling menempel pada bidang besar yang disediakan. Kami tak menyangka, material pengerat yang biasa digunakan pada sepatu anak, tas atau jacket ini, bahkan bisa menempelkan benda seberat manusia. Langsung saja, suami saya dan dua karyawan lainnya mencoba tes dengan berlari dan melompat ke bidang dinding tersebut. Dan haappp! menempel sempurna, hehehe... Untuk melepaskannya juga cukup mudah tinggal menarik dari ujung-ujung tangan dan kaki.



Melihat hasil karya pemenang kompetisi baju Muslimah yang diadakan YKK. Baju tersebut harus berkreasi dengan zipper


Contoh-contoh katalog zipper



Bagian akhir dari YKK Fastening Experience ini adalah games yang berhubungan dengan jahit menjahit. Seru deh! Seluruh karyawan diminta untuk menjahit dengan tangan di metal zipper sekitar 10 cm kemudian apa yang terjadi setelah zipper itu ditarik? Tadaaa, jadi sebuah dompet penyimpanan. Bisa dibawa pulang dan juga bisa digunakan untuk menyimpan bon belanja atau uang receh :D

Proses menjahit untuk membuat dompet zipper. Saya satu tim bersama suami


Dompet zipper hasil karya karyawan-karyawan KIVITZ

Tak terasa sudah sekitar dua jam kita mendapatkan pengetahuan yang baru mengenai zipper ini. Terima kasih kepada YKK atas undangannya dan terima kasih juga atas ilmu baru dan pengalamannya. Alhamdulillah kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kami. Semoga ke depannya YKK dan KIVITZ bisa berkolaborasi ya :)

Terima kasih untuk kenang-kenangannya

My outfit:
Autumn Limited Scarf by KIVITZ
Basic A-line (Grey) by KIVITZ
Tucker Outer by KIVITZ

Wassalamu'alaikum

No comments:

Post a Comment