Monday 5 January 2015

My Last Days in Fashion College

Assalamu'alaikum

Yeaaayy… Alhamdulillah… Akhirnya saya berhasil menyelesaikan kuliah fashion design di Lasalle College Jakarta. Setelah hampir dua tahun saya menuntut ilmu, banyak sekali pengetahuan yang saya dapat selama belajar di sana, khususnya pengetahuan mengenai dunia fashion. Selain ilmu yang didapat, saya juga mendapat pengajaran dari guru-guru yang berpengalaman dan banyak memberikan ide-ide baru untuk saya pribadi. Saat kuliah, saya merasa bukanlah siapa-siapa. Saya sama seperti murid yang lainnya, yang sama-sama mencari ilmu dan memulai semuanya dari nol. 

Di awal-awal semester, saya banyak belajar mengenai basic menggambar dan pengetahuan dasar mengenai jenis-jenis bahan. Semester selanjutnya adalah pelajaran mengenai sejarah fashion sampai bagaimana membuat konsep dalam membuat suatu koleksi. Mulai dari belajar membuat moodboard di Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, menentukan Color Scheme, bahan apa saja yang akan digunakan, sampai menentukan treatment apa yang akan dipakai dalam koleksi ini. Yang semuanya harus ada benang merahnya antara koleksi yang satu dengan koleksi yang lain. Hingga di akhir semester saya diajari mengenai Trend Analysis dan membuat sampai baju jadi dari konsep yang telah saya buat sebelumnya. 

Hufff… Sangat membutuhkan banyak sekali waktu dalam mengerjakan semua tugas-tugas kuliah ini. Banyak yang mengira menjadi fashion designer itu mudah. Padahal banyak sekali pengorbanan yang harus ditempuh terlebih dahulu. Namun alhamdulillah saya sudah punya pekerja-pekerja yang terstruktur di KIVITZ sehingga saya bisa sedikit meninggalkan pekerjaan dan tetap mengerjakan  tugas kampus. Eits, tapi hanya sedikit ya. Karena sebagai owner saya harus tetap bisa memikirkan KIVITZ secara lingkup jangka panjangnya. Jadi tidak mungkin meninggalkan KIVITZ sama sekali. Hehehe… Tapi semua harus disyukuri. Seperti yang saya sudah pernah tulis di post sebelumnya mengenai Muslimah Multitalent, bahwa menjadi Muslimah Multitalent itu tidak gampang. Karena kita harus rela mengurangi waktu istirahat kita untuk melakukan kegiatan yang memang menjadi passion kita. Tidur larut malam dan bangun sepagi mungkin sudah menjadi hal yang lumrah. Dengan tetap memprioritaskan peran menjadi seorang istri yang shalihah dan taat kepada suami. Jangan sampai kita bersikeras mengedepankan hobi kita dan meninggalkan tugas utama kita hidup di dunia ini. Alhamdulillah suami saya sangat mendukung passion saya ini sehingga saya tidak perlu ngotot-ngototan dengan suami demi mengejar karier yang saya sukai. Oh ya, kewajiban untuk mengisi ruhiah  juga jangan kita lupakan. One day one juz dan dzikir selalu menjadi prioritas utama. Sehingga hari-hari saya yang terlihat padat kegiatan akan terasa ringan, karena niatnya semua adalah karena Allah swt.

Ok, balik lagi ke tugas akhir kuliah saya ini. Malam-malam saat itu saya sedang berada di sebuah mall di Jakarta untuk mengerjakan tugas. Karena kadang saya harus janjian dengan beberapa teman untuk mengerjakan tugas kelompok. Hehe… Tugas Trend Analysis, dimana saya sebagai murid harus mampu memperkirakan trend apa yang kira-kira akan booming di musim berikutnya.



My outfit:
Cala Scarf Big Size by KIVITZ
White Inner by The Executive
Unbranded Vest
New Fatin Skirt by KIVITZ

Setelah browsing web-web fashion dan melihat referensi dunia, akhirnya malam itu saya membuat moodboard seperti gambar di bawah ini. Moodboard ini menggambarkan tentang kehidupan masa depan (futuristik) yang berkaitan dengan dimensi lain, misalnya teknologi canggih dan luar angkasa. Ya  begitulah contohnya… inspirasi fashion bisa datang dari imajinasi apa saja. Tahap selanjutnya adalah menentukan color scheme yang akan digunakan dalam koleksi ini. Ini merupakan trend analysis yang saya kerjakan untuk Fall/Winter 2015. Tools mengerjakannya dengan menggunakan Adobe Photoshop. Seru juga sih edit-edit gambar foto sesuai keinginan kita. Merancang gambar moodboard juga bisa mengasah kreativitas kita me-layout dan membuat suatu karya seni.




Wassalamu'alaikum

4 comments:

  1. bener banget kak, aku yang baru belajar jahit belum design aja awal awal udah nangis duluan huhuhu :" semangat kak fitri :)

    http://nurazizabakti.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga Aziza!! Harus punya kemauan keras kalau cita-cita mau tercapai ya ternyata. Hap hap Semangat! ^.^

      Delete
  2. waah keren banget sambil kuliah sambil ngejalanin bisnis, jadi istri dan masih nyempetin one day one juz.
    aku jadi malu belom bisa sehebat itu, hhehhhe. sukses terus ya buat KIVITZ! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, jazakillah Iena. Sukses juga untuk kamu :)

      Delete