Friday, 1 March 2013

My Umrah Trip: Ziarah City of Mecca

Assalamu'alaikum

Setelah melaksanakan prosesi umrah dan beristirahat satu hari di hotel, perjalanan kami dilanjutkan dengan berziarah ke tempat-tempat bersejarah di sekitar kota Mekah. Ziarah adalah amalan yang bertujuan untuk melihat dari dekat tempat-tempat penting bersejarah dalam pertumbuhan dan perkembangan agama Islam, agar semakin memperkuat iman. Ziarah ke tempat bersejarah ini tidak termasuk rangkaian ibadah umrah, namun ziarah ini umumnya diadakan oleh travel yang kita ikuti.

Hukum berziarah ke tempat-tempat bersejarah adalah boleh (mubah). Bila dilakukan dengan niat yang baik, untuk menambah iman dan keyakinan terhadap kebenaran ajaran Islam, hukumnya menjadi sunah. Tetapi apabila dilaksanakan dengan cara yang berlebihan, misalnya dengan mengeramatkan tempat-tempat tersebut sehingga menimbulkan kemusyrikan, hukumnya menjadi haram.

with our parents

Jabal Tsur
Jabal Tsur kurang lebih 6 km di sebelah selatan Masjidil Haram. Untuk mencapai Gua Tsur memerlukan perjalanan mendaki selama 1,5 jam. Di Gua Tsur inilah Rasulullah Saw dan Abu Bakar As-Siddiq bersembunyi dari kejaran orang-orang Quraisy ketika hendak hijrah ke Madinah.

Peristiwa yang patut untuk dikenang ketika melihat gunung ini adalah perjuangan dan kuatnya tali persaudaraan antara Rasulullah dan Abu Bakar. Rasulullah sangat mempercayai Abu Bakar untuk menempuh perjalanan hijrah yang cukup berbahaya ini berdua saja. Bukan karena kekuatan fisik Abu Bakar yang membuat Rasulullah menjadi merasa aman, namun karena kuatnya keimanan beliau (Abu Bakar) sebagai sahabat utama yang paling dicintai Rasulullah. Perjuangan Hijrah ini akhirnya berhasil membawa Rasulullah Saw ke Madinah dengan selamat karena berkah dan pertolongan Allah Swt.

Me in front of Jabal Tsur.

My Outfit:
Crepe Scarf by KIVITZ
Basic Velvet Dress by KIVITZ
Fath Jacket (Black) by Fitri Aulia

Sambil mempelajari sejarah Rasulullah dan selalu bershalawat padanya. 

Jabal Rahmah
Jabal Rahmah adalah tempat bertemunya Nabi Adam As dan Siti Hawa setelah keduanya terpisah saat turun dari surga. Menurut cerita, terusirnya Adam dan Hawa dari surga ke bumi memisahkan mereka berdua dalam jarak yang cukup jauh. Nabi Adam diturunkan di sebuah gunung di Sri Lanka, sedangkan Siti Hawa diturunkan di Arab (Jeddah). Jabal Rahmah lah yang menjadi tempat pertemuan mereka selama pencarian 40 tahun lamanya. Terlepas dari hikmah yang tersirat dalam Al-Qur'an, menurut saya kisah ini juga sangat romantis. Bayangkan saja, saat itu hanya mereka berdua lah manusia di bumi ini, tak ada yang lain. Rasakan betapa sepinya dunia ini, dan tentu bumi ini sangat luas untuk saling mencari satu sama lain. Tanpa ada handphone maupun GPS.. hehee :D Namun karena berkah dari Allah Swt mereka dipertemukan kembali.


Yeay! Berhasil mendaki Jabal Rahmah! Berada di lokasi cerita sejarah pertemuan manusia yang paling romantis ;p

Wassalamu'alaikum

5 comments:

  1. Allaahuakbar!! perjalanan yang sarat akan nilai-nilai sejarah islam... Semoga Allah segera... memanggilku untuk melaksanakan ... Amiiiiin.
    Btw saya suka Crepe Scarft nya Fitri!! :)

    ReplyDelete
  2. subhanallah Fit, inspiring...
    jadi semangat nabung biar cepet ke sana.. aamiin..

    ReplyDelete
  3. JOIN MY GIVEAWAY
    http://finalexpectation.blogspot.com/2013/03/my-first-giveaway.html

    ReplyDelete