Tuesday 18 November 2014

Fashion Designer Introduction to Tara Salvia Junior High School

Assalamu'alaikum

Senang rasanya bisa berbagi ilmu dengan adik-adik dari SMP Tara Salvia, Bintaro, Jumat minggu lalu. Kebetulan salah seorang teman saya menjadi guru di SMP tersebut. Dan kali ini tahun kedua saya mengisi di kelas ini. Di kurikulum terbaru, ada satu mata pelajaran yang mengenalkan berbagai macam profesi yang ada di Jakarta. Tujuannya adalah agar siswa dapat mempunyai pandangan lain mengenai berbagai profesi yang ada. Karena yang kita tahu selama ini, para siswa banyak yang hanya mengenal pekerjaan kantoran. Maksudnya hanya duduk di balik meja di kantori dan kemudian di akhir bulan mereka akan mendapatkan uang sebagai gajinya. Diharapkan dengan adanya kelas profesi ini, mereka akan cepat menentukan profesi apa yang kelak akan mereka geluti saat dewasa nanti. Kata guru di sekolah ini, berbagai macam profesi yang sudah diundang oleh sekolah mereka adalah Public Relation and Marketing, dosen, penulis buku, pengacara, sampai profesi scriptwriter.



Tepat pukul 09.30 saya sudah tiba di Tara Salvia, Bintaro. Perjalanan yang cukup jauh dari rumah saya di Depok. Dan harus bersabar di jalanan dengan kemacetan para pekerja kantoran yang pergi ke kantor mereka masing-masing. Tapi semua harus disyukuri dan dijalani dengan lapang dada. Karena saya akan bertemu dengan para calon penerus bangsa ini :)

Pembahasan saya dikelas adalah mengenai profesi fashion designer. Di mulai membahas pengertian apa itu fashion designer, etos kerja apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi fashion designer, pihak-pihak apa saja yang akan berhubungan dengan fashion designer, dan juga skill atau kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang fashion designer. Saya baru mengerjakan pembuatan slide ini ketika dalam perjalanan di mobil, mulai dari berangkat sampai tiba di sekolah tersebut. Hufff… Alhamdulillah, Sangat seru dan adrenaline makin terpacu ketika berhadapan dengan deadline. Hehehe…




Setelah penyampain dengan slide, saya juga menampilkan beberapa video, seperti video liputan fashion show saya ketika di Jakarta fashion Week 2014 yang lalu dan juga video proses pembuatan baju-baju Haute Couture dari contoh brand terkenal, Chanel. Setelah itu dibuka sesi tanya jawab dari para siswa kepada saya. Dan Alhamdulillah mereka sangat antusias dengan materi dari saya dan tak sedikit yang menunjuk tangan untuk bertanya.





Outfit hari itu, saya pilih yang casual karena menyesuaikan dengan lokasi tempat saya mengisi acara agar tidak terkesan kaku dan tetap santai. Basic Cotton Maxi Dress dipadukan dengan New Hajjar Cardi dari koleksi Eyedentically Op. Tips untuk mengenakan Hajjar Cardi adalah dengan mengenakan baju lengan panjang atau long sleeve dress yang berfungsi sebagai inner karena bahan Hajjar Cardi yang transparan. Motif Hajjar Cardi ini akan menambah kesan yang casual and colorfull. Cocok sekali digunakan untuk bertemu dengan adik-adik dari sekolah Tara Silvia ini.

Terima kasih Tara Salvia School! Semoga bermanfaat. Apapun profesi kalian nanti, semoga Indonesia menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang di tangan-tangan kalian nantinya! ^.^ Aamiin…


My outfit: 
Cala Scarf Black (Big Size) by KIVITZ
[New Arrival] Hajjar Cardi by KIVITZ
Basic Cotton Maxi Dress by KIVITZ

Wassalamu'alaikum

5 comments:

  1. fitri,,,maaf mungkin yang dimaksud Tara Salvia ya bukan Tara Silvia :D

    ReplyDelete
  2. kak fitri selalu menginspirasi :)

    ReplyDelete
  3. Kak Fit, nama sekolahnya typo sedikit yaaa
    Tara Salvia, Kak. Kalo Silvia mah last name akuuu
    Hihiyy

    ReplyDelete