Thursday 7 March 2013

My Umrah Trip: Ziarah City of Medina

Assalamu'alaikum

Masjid Quba
Dari hotel kami sudah dalam keadaan berwudhu, kemudian langsung mengunjungi Masjid Quba dan melaksanakan 2 rakaat shalat sunah sesuai hadist. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Siapapun yang bersuci di tempat tinggalnya kemudian datang ke Quba dan shalat (shalat apa saja) di Masjid Quba, bagi dia adalah (satu kali) pahala umrah." Itulah keistimewaan dan keutamaan masjid ini. 

Masjid ini merupakan masjid yang pertama kali didirikan pada saat Rasulullah dan sahabat hijrah dari Mekah ke Madinah. Pada awal pendiriannya, dinding masjid ini terbuat dari anyaman daun kurma dan beratap daun rumbia. Namun saat ini Masjid Quba telah berubah menjadi masjid yang besar dan megah yang selalu menjadi tujuan ziarah seluruh jamaah yang datang ke Madinah.

Di depan Masjid Quba

Jabal Uhud 
Jabal Uhud adalah sekelompok gunung yang ada di kota Madinah dan tidak bersambungan dengan gunung lain karena pada umumnya gunung-gunung di Madinah adalah sambung menyambung. Karena itulah dinamai Jabal Uhud yang artinya gunung yang menyendiri.

Gunung ini disebut Rasulullah sebagai salah satu gunung yang ada di surga, sehingga kalau kita melihatnya sekarang, Insya Allah kita akan melihatnya lagi di surga nanti. Aamiin... Terletak sekitar 6 km di utara Masjid Nabawi. Tinggi gunung ini 1.050 m dan panjangnya 7 km, terdiri dari batu-batuan. Subhanallah...

Sejarah penting dari Jabal Uhud ini, pertama, Nabi Musa dan Nabi Harun pernah naik di gunung ini untuk melihat daerah yang akan menjadi tempat tinggal Nabi akhir zaman. Setelah itu Nabi Harun sakit sehingga meninggal kemudian dimakamkan di salah satu tebing yang akhirnya terkenal dengan nama tebing Nabi Harun.

Peristiwa tak kalah penting lainnya adalah terjadinya perang antara Rasulullah dan sahabat melawan orang Musyrik Mekah yang menyerbu ke Madinah yang dikenal dengan perang Uhud. Perang ini diakhiri oleh kekalahan yang memilukan bagi pasukan Muslim, dikarenakan tidak patuhnya pasukan pemanah Muslim untuk tetap berada di atas bukit. Saat itu sebagian besar pemanah turun dari bukit karena tergiur melihat musuh lari tunggang langgang meninggalkan senjata perangnya. Ternyata pasukan musyrik Quraisy Mekah bersiasat memutar balik dari gunung dan menyerang balik pasukan Muslim.  Dalam perang tersebut gugur 70 orang syuhada diantaranya paman Rasulullah, Hamzah bin Abdul Muthalib, juga Mush'ab bin Umair, yang dimakamkan di dekat Jabal Uhud ini. Kecintaan Rasulullah pada para syuhada Uhud, membuat beliau selalu menziarahinya hampir setiap tahun. Hikmah dari peperangan ini, kita sebagai umat Muslim harus senantiasa berada dalam ketaatan penuh terhadap Rasulullah Saw, dan mengimani setiap ajaran beliau hingga akhir zaman.


My Outfit:
Scarf by "Khamsa Real" Market (Medina)
Basic Velvet Dress (Black) by KIVITZ
Fath Jacket (Black) by Fitri Aulia

Wassalamu'alaikum

9 comments:

  1. mashaAllah, such a beautiful post. madinah is the most beautiful place on earth to me, as it is being surrounded by beautiful angels ;) i love everything about madinah, the atmosphere, the friendly people. you are so lucky, i wish to go back one day ;)

    x

    ReplyDelete
  2. Join my Giveaway :

    http://ristlicious.blogspot.com/2013/03/top-7.html

    ReplyDelete
  3. Subhanallah..tiap hari ngikutin postingan apa berikutnya di blog ini...ya Allah sampaikanlah sujud kami di sana....Aamiin...knp gak sekalian haji aja :) mumpung masih muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya juga langsung haji mba, tapi di Indonesiakan nunggu antriannya lama banget.
      Insya Allah segera berhaji juga. Aamiin :)

      Delete
  4. mbak fitri, semakin cantik...
    semoga bisa segera menyusul untuk bertamu ke rumah Allah
    Insyaallah...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum

    Mba fitri, saya suka lihat fashionnya mba.
    Sebagai sesama muslim saya hanya mengingatkan, setau saya, dalam Islam kita tidak boleh menggunakan pakaian yang terlalu panjang, apalagi menyeret tanah, itu menandakan kesombongan.
    Sekian mba dari saya :)

    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  7. Salam, Mbak Fitri, misalnya saya mau pakai salah satu foto di postingan ini di website travel umrah yang sedang kami bangun, boleh? Adakah syaratnya? Tentu penyebutan sumber (plus backlink ke postingan ini). Websitenya sendiri masih underconstruction. Demikian, thx ya Mbak, semoga sukses..:D

    ReplyDelete