Sunday, 8 November 2015

Bridesmaid Dress for Puput's Wedding

Assalamu'alaikum

Masih berkaitan dengan cerita pada post sebelumnya, inilah outfit yang saya kenakan ketika resepsi pernikahan Puput. Ini merupakan baju dengan kain seragam berwarna kuning kunyit untuk teman-teman terdekat Puput.

Siang itu saya dan suami berangkat dari rumah di Depok pukul 11.00. Sepertinya kami akan terlambat karena lokasi pernikahannya di Kelapa Gading dan mulai jam 11.00. Hehe... Tapi Alhamdulillah jalanan tidak begitu macet mungkin karena hari Minggu siang. Jadi saya masih bisa bertemu teman-teman yang lain untuk silaturahim dan pastinya foto bersama pengantin. Tapi pulangnya... Masya Allah. Macetnya jalan tol sampai menghabiskan waktu 2 jam, entah ada apa. Yang pasti saya dan suami jadi bisa foto-foto di dalam mobil saking macetnya panjang sekali.

Untuk design seragamnya seperti biasa saya mendesign sendiri. Dengan kain 3 meter bahan crepe ternyata masih kurang untuk membuat baju dengan lengan panjang. Akhirnya saat saya ke tempat penjual bahan langganan, saya menemukan bahan yang sama persis dengan seragam Puput. Pas banget! Jadilah saya menambah bahan crepe ini sekitar 2 meter. Kemudian saya juga membeli kain brukat sebanyak 1 meter saja untuk aplikasinya. Sebagai tambahan detail saya menambahkan detail beading atau payet di area-area yang masih bisa diperlihatkan, seperti ujung-ujung lengan dan juga bagian perut. Sebagai pengguna pakaian syar'i kita harus bisa memilih atau mendesign, detail apa yang cocok untuk kita. Misalnya saja, tidak mungkin kita menggunakan dress dengan banyak detail di bagian leher 'kan? Karena percuma saja, akan tertutup juga oleh hijab kita. Itu sedikit tips design dari saya untuk kalian yang ingin mendesign busana syar'i agar tidak mubazir :)

Oh ya, pembuatan dress ini memakan waktu hampir sebulan. Karena hanya membuat 1 baju saja, penjahit akan lebih lama menjahitnya dibanding membuat produksi masal. Makanya harga jahit satu baju dibanding banyak baju akan lebih mahal harganya.

Untuk padu padan dengan hijabnya, dress dengan warna kuning kunyit ini saya padukan dengan hijab berwarna cokelat muda yang memang masih satu tone warnanya. Hijabnya dibuat sederhana saja, karena dressnya sudah penuh dengan detail. Pastikan tampilan kita tetap anggun sebagaimana muslimah seharusnya :) Saya juga menambahkan aksesoris seperti clutch yang kebetulan warnanya sama persis dengan dressnya. Sangat mudah bukan untuk bisa berpakaian syar'i ke pesta? Kata kunci dari saya adalah: hijab tetap sederhana namun perbanyak detail di bagian dress.

Semoga post kali ini bermanfaat dan menginspirasi muslimah lainnya. Aamiin :)






Bersama kak Fika dan Suci

Bersama suami

My outfit:
Cala Scarf by KIVITZ
Dress by FITRI AULIA (made by order)

Wassalamu'alaikum

14 comments:

  1. suka dresnyaa, bisa di swing-swing...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, dress ini memang lebar karena pakai pola setengah lingkaran.
      Jadi bisa di swing-swing :)

      Delete
  2. Suka banget...
    Suka juga sama rantai2 di kerudungnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Produk sample untuk KIVITZ accesories sebenernya.
      Andalan banget buat yang ingin tampil ngga rame, tapi tetep anggun :)

      Delete
  3. Replies
    1. Alhamdulillah. Praise to Allah swt <3

      Delete
  4. Replies
    1. Alhamdulillah... Terima kasih mba Tetty :)

      Delete
  5. clutchnya lucuu, boleh tau beli dmn? thanks :)

    ReplyDelete
  6. kak, kalo boleh tau itu bahan dressnya apa ya? itukan tumpuk, bahan dalem sama luar apakah sama? thanks before.

    ReplyDelete
  7. wah afwan kak, ternyata sudah dijelaskan kalo bahannya crepe, hehe

    ReplyDelete
  8. Saya searching "penjahit bridesmaid" ketemu blog anda. Boleh tanya penjahitnya dimana? Boleh minta cp/alamat penjahitnya? Saya juga mau buat seragam bridesmaid, kali ini bahannya kebetulan bukan brokat, jd pas dengan blog ini.

    Mohon infonya jika berkenan, soalnya yg lalu" (sudah 3x) hasil sergamnya failed. Jadi ga bisa dipakai lagi.

    Btw saya juga di depok.

    Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete