Sunday 7 August 2016

Ambarawa Railway Museum

Assalamu'alaikum

Jalan-jalan ke Ungaran belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi Museum Kereta Api yang terletak di Ambarawa, Semarang. Selesai menghadiri pesta pernikahan, keesokan harinya sebelum saya kembali ke Jakarta, kami menuju ke Ambarawa Railway Museum di waktu siang setelah saya check out dari hotel.

Karena kami menginap di daerah Ungaran, maka perjalanan dari Ungaran-Ambarawa hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Sepanjang perjalanan kami mendapati pemandangan sawah-sawah hijau dan yang paling unik adalah kami melewati bekas penjara yang dipergunakan sejak zaman belanda, yaitu Benteng Pendem Ambarawa. Dari kejauhan, kami melihat bangunan yang sudah rusak dengan dipenuhi tanaman liar mengerubungi bangunan tersebut. Cukup besar dan luas ternyata.

Sesampainya di Museum Ambarawa kami langsung membaca satu-persatu keterangan visual perjalanan sejarah perkeretaapian di Indonesia sejak tahun 1800 akhir. Namun yang disayangkan adalah peletakan tahun sejarah yang terbalik. Saat kita masuk ke museum ini, kita langsung membaca sejarah PT. KAI mulai dari tahun 2015 dulu, bukan pada awal tahun 1800an. Menurut saya kurang asik membaca sejarah dari tahun terbaru sampai tahun terlama. Semoga kondisi ini bisa diperbaiki pihak museum agar kita bisa membaca secara berurutan mulai dari awal sejarahnya hingga kepada zaman sekarang.

Selain bisa membaca sejarah perkeretaapian Indonesia, kita juga bisa melihat langsung kereta api tua sejak zaman penjajahan belanda. Kereta api zaman dahulu dengan bahan bakar berupa batu bara bisa kita lihat bahkan bisa kita coba naiki. Tak hanya itu, museum ini menampilkan seperti apa ruangan-ruangan stasiun di zaman dulu.

Untuk jalan-jalan saya kali ini, saya pilih pakaian yang nyaman, yaitu Salacca Top dan juga Morinda Skirt dari KIVITZ. Untuk hijabnya saya pilih Layya Square Scarf berwarna hitam. Jangan lupa untuk memakai flat shoes atau sneakers untuk alas kaki yang nyaman.



My outfit:
Layya Square Scarf by KIVITZ
Salacca Top (black) by KIVITZ
Morinda Skirt by KIVITZ

Wassalamu'alaikum

1 comment:

  1. yang moto siapa kl pas berdua gitu mbaaa ftonya selalu kereennnn... mupeng

    ReplyDelete