Tuesday, 27 November 2012

Hijabers Palembang Anniversary: Talkshow & Hijab Class

Assalamu'alaikum

Tibalah waktunya untuk event utama perayaan 1st anniversary Hijabers Palembang. Tepat pukul 13.00 acara dibuka oleh Nanda, penyiar radio dari Palembang. Dilanjutkan dengan talk show mengenai 'Play Hobby Makes Money'. Saya banyak bercerita tentang KIVITZ, kapan didirikan, apa saja tantangan yang saya hadapi, apa saja tips-tips untuk bisa menghasilkan uang dari hobi kita.



Sedikit sharing tentang materi talkshow saat itu, dimana hobi yang kita suka bisa menjadi penghasilan kita. Umumnya tiap-tiap orang dari kita punya tips yang berbeda-beda untuk mencapai kesuksesan dalam entrepreneur. Sahabat saya Ola yang juga memiliki butik dan kak Rimma yang memulai karir di bidang modelling juga punya parameter yang dianggap penting untuk mengubah passion yang kita sukai menjadi bisnis.


Kalau dari saya, inti dari bisnis adalah Branding, inilah jiwa sebuah bisnis yang kita kelola. Tak mungkin brand kita cepat terkenal, tanpa dimulai dari menciptakan positioning yang jelas. Apakah itu positioning? positioning adalah bagaimana memposisikan "identitas" perusahaan kita di benak konsumen.  Kalau bisnisnya fashion, berarti identitas rancangan kita yang dituangkan menjadi ciri khas atau karakter. Yang kedua adalah diferensiasi. Diferensiasi adalah bagaimana menciptakan sebanyak mungkin perbedaan antara brand kita dengan brand pesaing. Banyak orang sering salah mengartikan, menciptakan perbedaan tidak selalu terbatas pada produk saja. Hal lain seperti service, keterampilan sales, fasilitas, atau operasional yang efektif, bisa menjadi diferensiasi terbaik untuk membedakan brand kita dari pesaing. Kesimpulannya, formula bisnis saya cukup simple... Positioning + Diferensiasi = Branding. Hehehe... lumayan pusing ya kuliah marketing ini. Sebenarnya tidak, kalau kita berani manjalani, pastinya akan menjadi mudah. Ilmu ini saya peroleh dari suami saya yang dosen branding design. Semoga bisa menjadi dasar pengetahuan bagi kita yang ingin berbisnis, apapun produknya :)


Alhamdulillah, acara ini diikuti oleh sekitar 104 orang peserta warga Palembang. Senang rasanya bisa berjumpa dan bersilaturahim dengan teman-teman di daerah. Selalu saja ada cerita yang berbeda di setiap daerah yang saya kunjungi.

Ola, owner MISLA.

Rimma Bawazier, model muslimah.

Fitri Aulia, owner KIVITZ

Setelah sesi talkshow selesai, acara dilanjutkan dengan hijab class. Setiap bintang tamu diberi kesempatan untuk memperagakan 2 hijab style. Jadi total setiap peserta mendapat 6 gaya hijab yang berbeda-beda dalam satu hari itu.

Selesai itu semua, tibalah saatnya untuk potong nasi tumpeng sebagai acara puncak dari 1st Anniversary Hijabers Palembang. Sebelumnya, kami disajikan foto-foto dokumentasi seluruh kegiatan yang pernah diselenggarakan oleh Hijabers Palembang dalam satu tahun. Mengharukan dan membanggakan. Dimana komunitas ini tetap eksis dengan berhasil mengadakan kegiatan yang positif, yang insya Allah bisa bermanfaat bagi muslimah di Palembang.

Ceremony perayaan 1st Anniversary Hijabers Palembang dengan potong nasi tumpeng

Alhamdulillah acara telah selesai, kami berfoto bersama panitia

Penanya terbaik mendapat hadiah dari panitia

Foto bersama beberapa peserta

Ola - Rimma - Fitri

Bersama sahabat saya Putri, pengurus Hijabers Palembang

Foto bersama Hijabers Palembang

Terima kasih Hijabers palembang, untuk semua kesempatan ini... semoga lain kali kita bisa mengadakan event sama-sama lagi :D

Wassalamu'alaikum

8 comments:

  1. Ahh.serunya ka Fit. Ilmunya insyaAllah selalu bermanfaat.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Yaa Allah Yaa Rahmaan Yaa Rahiim Yaa Rabbal Aalamiin ^___^

      Delete
  2. kak Fitri, makasih udah sharing tipsnya. jadi pengetahuan baru lagi buat aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sayang, terima kasih jg :)

      Delete
  3. Hai mab fitri, salam kenal.. Menarik juga kegiatan mba yang bisa menjalankan bisnis berdasarkan hobbi. Aq mau koreksi dikit mba, mungkin maksud mba fitri Differensiasi produk ya bukan deferensiasi produk. *wink

    ReplyDelete
  4. ass...mbak fitri...aku seneng banget dpt ilmu yang memberikan inspirasi buat saya...pengen banget bisa seperti mbak fitri..jadi semangat memulai usaha dari hobi...pasti menyenangkan...semoga Allah memberi limpahan rezeki yang lebih banyak kepada mbak fitri yang suka berbagi ilmu...terima kasih manis...:)

    ReplyDelete
  5. Pitliiiii.. aku makin sukaa ama blog kamu.. kamunya cantikkk.. fotonya bagus".. kata"nya inspiratipp.. sukaaa! anyway, ka rimma disini cantiknya maksimal!

    ReplyDelete