Tuesday 2 April 2013

2 Recitations in a Week

Assalamu'alaikum

Alhamdulillah, minggu lalu saya diberi kesempatan untuk mengisi taushiyah di dua pengajian yang berbeda. Sedikit cerita tentang saya, sebenarnya dulu saya orang yang pendiam, yang tak pandai berkomunikasi, atau berbicara di depan banyak orang. Namun sekarang, mau tidak mau saya harus bisa berbicara di depan umum untuk sekedar sharing pengalaman dan ilmu yang saya ketahui :) Subhanallah.

Pengajian HC Jakarta di Masjid Al-Azhar 
Acara ini bertempat di Masjid Al Azhar Kebayoran Baru. Sabtu, 23 Maret lalu, muslimah-muslimah hadir dengan menggunakan dresscode berwarna hitam. Tema yang diangkat adalah tentang Muslimah & Fashion. Sebelumnya sudah ada Ustz. Erika yang memaparkan bagaimana busana muslimah itu seharusnya. Seperti yang kita semua tahu, busana muslimah itu haruslah longgar, tidak ketat, tidak transparan, tidak membentuk lekuk tubuh, dan tidak menyerupai lawan jenis. Semua pun tahu aturan itu, tapi apa yang membuat seseorang menjadi istiqomah untuk berbusana syar'i?


Hal itulah yang ditanyakan MC kepada saya saat itu. Apa sih yang membuat Fitri Aulia konsisten untuk menggunakan busana muslimah yang syar'i? Alhamdulillah, sebelumnya saya ingin mengucap syukur kepada Allah Swt. atas apresiasi orang-orang terhadap saya. Dan saya bersyukur dengan setiap perjalanan hidup saya, yang membawa saya memutuskan untuk berhijab dan berdakwah melalui passion saya ini. Hal pertama yang ingin saya katakan adalah saya hanya ingin menjadi lebih baik di mata Allah dengan mengikuti segala aturan-Nya, termasuk dalam berbusana. Tak ada halangan dan kesulitan menggunakan hijab syar'i. Shalat lebih mudah karena tak perlu pakai mukena lagi, laki-laki semakin sopan jika melihat, dan masih banyak lagi. Saran saya, dengan maraknya fashion muslimah saat ini, jadilah muslimah yang menyenangkan, berbusana sesimple mungkin, dan tetap tawadhu.




Foto bersama komite HC Jakarta & peserta pengajian

Pengajian HijabersMom Community Depok di Masjid Walikota Depok
Dilanjutkan dengan pengajian HijabersMom Depok. Temanya adalah Peran muslimah di tengah masyarakat yang pluralis. Hadir sebagai pengisinya adalah Ust. Syamsi Ali (Imam Besar Masjid New York) dan Ippho 'Right' Santosa.

 Ceramah disampaikan oleh Ust. Syamsi Ali, imam besar di New York asal Indonesia.


Setelah Ust. Syamsi Ali dan Mas Ippho memberi materi, tibalah saya untuk sharing. Sebenarnya saya agak nervous karena berbeda dengan Hijabers Community, yang hadir di event ini kebanyakan adalah hijabers ibu-ibu. Tentu banyak ibu-ibu yang jauh lebih bijaksana dan berpengalaman dari saya sebagai muslimah. Hehe... Intinya adalah bagaimana saya menjalankan peran sebagai muslimah agar tetap bisa bermanfaat untuk orang banyak. Karena kebanyakan orang menganggap bahwa menjadi muslimah memiliki keterbatasan untuk menjalankan peran di masyarakat. Jelas pendapat ini salah, muslimah tetap dapat memiliki peran di masyarakat sesuai dengan bidang dan passionnya masing-masing. Yang terpenting adalah izin dari suami dan tetap mementingkan keluarga.


 
Taushiyah ditutup dengan peragaan syar'i hijab tutorial.

Peserta pengajian Hijabersmom Community.

Sambutan dari Pak Nur Mahmudi, Walikota Depok, yang ternyata juga adalah sahabat lama Ust. Syamsi Ali. 

Foto bersama Ust. Syamsi Ali, Ippho Santosa, dan peserta pengajian Hijabersmom Community.

Wassalamu'alaikum

5 comments:

  1. kak fit, yang black dress pertama itu namanya apa??

    ReplyDelete
  2. kasih jempol buat semua postingan mb Fitri...selain bisa lihat foto2 utk inspirasi busana syar'i jg berbagi ilmu ^_^

    ReplyDelete
  3. hi mba,
    assalaualaikum,,
    mana nih update outfit buat yang agak berisi badannya? Thanks a much

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum.... Baru Kali ini nemu hijabers yg krudungnya tetap tutup dada.yg laen
    Kayanya gak Ada.love it.Pertahankan yah.....wassalamu'alaikum

    ReplyDelete