Saturday, 13 June 2015

Calls for Silaturrahim

Assalamu'alaikum

Silaturrahim tersusun dari dua kosa kata Arab. Shilah yang berarti menyambung dan rahim yang berarti rahim wanita, dan dipakai bahasa kiasan untuk makna hubungan kerabat. Jadi silaturrahim bermakna: menyambung hubungan dengan kerabat.

Kita sebagai umat Islam telah diperintahkan Allah swt untuk menjaga hubungan silaturahmi (QS. An Nisaa:1).

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً  وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ  
إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu."

Sebagai umat Islam, perintah Allah Swt. itu harus dipatuhi. Orang yang mematuhi perintah Allah swt itu adalah orang yang bertaqwa.

Kini kita dapat mengerti betapa pentingnya silaturrahmi dalam Islam. Maka melihat pentingnya silaturrahmi tersebut, berikut ini merupakan 8 manfaat silaturahmi, yaitu:
  1. Mendapat ridho dari Allah Swt.
  2. Membuat orang yang kita jumpai berbahagia. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw, yaitu "Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia."
  3. Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga senang bersilaturrahmi.
  4. Disenangi oleh manusia.
  5. Membuat iblis dan setan marah.
  6. Memanjangkan usia.
  7. Menambah banyak dan berkah rezekinya.
  8. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan.
Berhubungan dengan silaturrahmi, siang itu saya ada janji dengan kak Dian untuk makan siang dan berbincang-bincang di salah satu mall di Jakarta Selatan. Dari saling bercerita, ada banyak sekali hal- hal yang kita bahas, dari mulai tentang usaha busana muslim kita, tentang kegiatan muslimah kita sehari-hari. Sampai pada akhirnya kita punya keinginan yang sama untuk membuat acara di akhir Agustus nanti. Hehe... Sebagai clue kalian bisa follow dulu instagram acara kita ini, @syarilifestyle. Ikuti terus instagramnya untuk info lebih lanjut ya. In syaa Allah saya dan ka Dian akan membuat acara yang membahas tentang muslimah dilihat dari aspek segala kehidupannya yang sya'ri. In syaa Allah.

Ketika itu, kebetulan saya memakai outfit muslimah yang paling nyaman, yaitu Abaya. Abaya yang berwarna hitam polos ini suka saya padukan dengan sneakers putih agar lebih casual dan santai. Baru setelah saya upload foto ini di instagram, ada salah satu followers yang bilang, 'Kok bisa percaya diri ya ke mall dengan pakaian hitam-hitam?'. Alhamdulillah saya tidak pernah mengalami hal-hal yang tidak mengenakan selama di mall, baik dari petugas mall atau dari pengunjung di mall itu sendiri.  Apalagi saya nyaman sekali pakai abaya seperti ini ke mall. Shalat jadi mudah, dan kalau sedang buru-buru jadi tidak pusing mix and match. Kadang memang saya tidak mood atau tidak sempat untuk mix and match juga. Hihihi.... Basic abaya ini sebenarnya masih jadi sample untuk koleksi setelah lebaran dari KIVITZ. Jadi ditunggu ketika launching nanti yaa ;)






My outfit:
Cala Scarf (Black) by KIVITZ
Basic Abaya (Coming soon) by KIVITZ

Wassalamu'alaikum

6 comments:

  1. inspirasi barbusana muslimah yang santun, simple dan tetap stylist dipandang, semoga bisa menginsiprasi step by step ( ameen)

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah, indahnya silaturahmi apalagi bisa bersilaturahmi dengan adminnya. semoga semakin banyak yang mengikuti jejaknya menjadi muslimah yang taat

    ReplyDelete
  3. Waah, dengan sabar menanti nunggu programnya kak fitri.. Anw setuju banget tentang abayanya, lebih praktis untuk sholat kalau lagi keluar rumah :)

    ReplyDelete
  4. Ka Fitri salah satu desainer dan muslimah inspirasi saya :)
    salam kenal ka Fitri :)

    ReplyDelete