Tuesday 26 July 2016

Semarang Trip by Train

Assalamu'alaikum

Ini adalah kedua kalinya saya pergi ke Semarang. Perjalanan saya bersama suami kali ini berbeda dari perjalanan ke Semarang sebelumnya. Kalau sebelumnya saya ke Semarang untuk menghadiri undangan talkshow, kebetulan kali ini saya akan menghadiri acara pernikahan keluarga di daerah Ungaran. Ibarat kalau di Jakarta, Ungaran itu seperti Depok-nya yaitu sebuah lokasi di luar pinggiran kota. Jadi saya merasa perjalanan ini merupakan short gateaway yang menyenangkan bagi saya dan suami.

Karena saya dan suami punya waktu yang lumayan kosong (untuk jalan-jalan), jadi perjalanan kali ini kita putuskan untuk naik kereta api saja. Setelah sebelumnya saya sempat bertanya kepada teman-teman yang pernah naik kereta, akhirnya saya disarankan untuk memilih Kereta Argo Bromo Anggrek yang berangkat dari Stasiun Gambir. Kereta api ini katanya cukup nyaman, ditambah memang saat ini tidak sedang musim liburan jadi keretanya cukup sepi. Oh ya, ini juga adalah pengalaman pertama kami naik kereta untuk ke Pulau Jawa.


Ada lagi alasan lain kenapa akhirnya kali ini saya memutuskan memilih naik kereta api dibandingkan pesawat. Dari sisi harga memang hanya selisih Rp 100.000,- per orang untuk tiket berangkat, Kamis 21 Juli. Kalau naik pesawat perjalanan Jakarta-Semarang hanya ditempuh dalam waktu 50 menit; sedangkan naik kereta api perlu waktu 6 jam. Namun, kelebihan yang dimiliki kereta api dibanding pesawat adalah kita dapat melihat pemandangan yang indah sepanjang perjalanan dari Jakarta ke Semarang. Dan menurut saya waktu 6-8 jam untuk perjalanan dengan pemandangan alam Indonesia indah cukup menyenangkan. Tapi mungkin kalau perjalanan lebih dari 8 jam saya juga tidak akan tahan untuk naik kereta. Hihi...

Kalau suami saya bilang, perbedaan lain naik kereta api dengan naik pesawat adalah sepanjang jalan (selain tidur tentunya), kita dapat lebih menenangkan pikiran dengan waktu tenang selama berjam-jam. Kadang pikiran yang jernih bisa memberikan kita banyak ide dan inspirasi. berbeda dengan di pesawat, kadang kita tidak bisa tidur dengan nyenyak karena turbulance yang bikin kita jadi banyak berdzikir (hehe...)

Sejauh ini, perjalanan menaiki kereta Argo Bromo Anggrek ini sangat menyenangkan, membuat saya ingin mencoba lagi lain kali. Semoga banyak daerah wisata lain yang bisa saya kunjungi dengan naik kereta api. Bagaimana pendapat kamu yang pernah naik kereta api untuk berlibur? Cukup menyenangkan bukan?




Untuk outfit yang pakai pada perjalanan ini, saya memilih Punica Dress berwarna hitam dan juga hijab berwarna hitam. Karena setiap akan melakukan perjalanan, kita harus memastikan outfit yang kita pilih sangat nyaman dan tidak membuat kita kerepotan, takutnya jadi tidak menikmati perjalanan sama sekali. Pemilihan dress dengan bukaan sampai bawah ini pada dasarnya akan memudahkan saya bergerak, karena untuk di bagian dalam saya menggunakan celana palazzo. Dan demi kenyamanan lagi, pilihlah sling bag yang berukuran mini dan juga flat shoes. Semoga outfit saya kali ini memberi inspirasi kamu ketika sedang travelling ya.


My outfit:
Kian Pashmina (black) by KIVITZ
Punica Dress (black) by KIVITZ

Wassalamu'alaikum

3 comments: